jam dinding

Kamis, 04 Desember 2014

Gerakan Inti Senam Aerobik


Gerakan inti merupakan gerakan yang telah aktif dengan mengikuti alur tertentu. Gerakan inti bertujuan untuk menguatkan otot-otot tubuh dan melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh.


1.  Kincir tangan (2x8)
Fungsi              :  Untuk mengatur pernapasan saat kita mengangkat kedua tangan kita agar stabil.
Cara kerja         : Bukalah kedua tangan sampai ke atas kepala, lurus membentuk 180 derajat. Setelah itu, kembalikan tangan seperti semula.
2.  Yes (2x8)
Fungsi              : Untuk melatih pergelangan tangan dan bahu saat dibuka dan mengatur diafragma.
Cara kerja         : Tekuk dan tarik tangan kanan sejajar didepan dada, lalu buka sampai membentuk sudut 90 derajat sejajar dengan bahu. Begitu pula dengan tangan kiri. Langkahkan kaki ke kanan dan ke kiri.
3.  Dorong tangan putar (2x8)
Fungsi              : Untuk melatih pergelangan tangan dan bahu.
Cara kerja         : Lebarkan kedua kaki sejajar bahu, lalu dorong tangan kanan ke samping kiri dan putar membentuk sudut 180 derajat. Begitu juga dengan tangan kiri.
4.  Poco-poco (2x8)
Fungsi               : Melatih kelincahan tangan saat diputar ke kanan dan ke kiri.
Cara kerja         : Langkahkan kedua kaki menyerong ke kanan dan kiri sambil putarkan tangan dengan posisi telapak tangan terbuka.
5.  Tangan lincah (4x8)
Fungsi              : Melatih kelincahan tangan, paha dan kaki.
Cara kerja         : angkat kedua tangan kedepan sejajar dengan dada. Lalu angkat kedua tangan menyilang diatas kepala, dan turunkan kembali. Lalu tekuk tangan didepan dada lalu tarik samping kanan dan kiri.
6.  Teprok dada (2x8)
Fungsi              : Melatih kelincahan kaki dan tangan.
Cara kerja         : Silangkan kedua tanga didepan dada sambil menepuk dada lalu langkahkan kaki kedepan dan ke belakang.
7.  Jin salam (2x8)
Fungsi              : Melatih kelincahan tangan dan kaki saat bergerak.
Cara kerja         : Angkat dan buka tangan ke atas sejajar dengan dagu sambil menyerongkan langkah kaki ke kanan dan ke kiri lalu tekuk kedua tangan di depan dada dengan kedua telapak tangan menempel. Kemudian rentangkan kedua tangan ke samping.
8.  Buka tangan (2x8)
Fungsi            : Untuk melatih kelincahan tangan dan otot leher saat bergerak
Cara kerja      : Buka kedua telapak tangan di pinggang, letakkan di pinggang, posisikan kedua tangan disamping telinga, rentangkan tangan ke kanan dan ke kiri sambil menoleh ke arah yang sama. Langkahkan kaki ke kanan dan ke kiri sambil sedikit meloncat.
9.  Loncat sikut tangan lincah (2x8)
Fungsi               : Melatih kelincahan tangan, otot perut dan totot paha saat bergerak.
Cara kerja         : Angkat kaki kiri bersamaan dengan tekuk tangan kanan, begitu juga dengan kaki kanan dan tangan kiri. Lalu tekuk tangan kanan ke samping sejajar dengan dada kemudian rentangkan kedua tangan sambil melangkahkan kaki ke kanan dan ke kiri.
10.  Serong kaki ceria “HAH” (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan dan menahannya agar lurus.
Cara kerja        : Letakkan kedua tangan dipinggang, tendangkan kaki ke samping kanan dan kiri secara bergantian, kemudian angkat tangan ke atas sejajar dengan dagu sambil berteriak “HAH”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar